Organisasi PMO di dalam perkembangannya
mengalami proses peningkatan kompetensi sesuai dengan peranan dan fungsinya di
dalam suatu organisasi. Gerald M Hill (2004), di dalam buku-nya yang berjudul Evolving
the Project Management Office : A Competency Continuum, Information System
Management, membagi tingkat kompetensi PMO berdasarkan peranan dan fungsinya
menjadi 5 tahapan. Lima tahapan ini menggambarkan level Maturity PMO di dalam
tata kelola proyek pada organisasi.
Berikut
adalah uraian mengenai masing-masing tingkat kompetensi organisasi PMO mulai
tahapan Project Office sampai dengan tingkat kompetensi PMO sebagai Center of
Excellent.
1. Project
Office, Organisasi
PMO sebagai Project Office yang bertugas membantu Project Manager untuk
menyelesaikan proyek sesuai dengan anggaran, skedul dan penggunaan resources.
Support yang diberikan PMO hanya bersifat administratif. Keberhasilan dan
kinerja proyek sepenuhnya menjadi tanggung jawab Project Manager. Jumlah proyek
yang di support hanya 1 proyek saja atau lebih, dengan 1 Project Manager.
2. Basic
PMO, Organisasi
PMO bertugas membantu Project Manager menyelesaikan proyek dengan menggunakan
metode dasar aplikasi Project Management dan dilakukan secara berulang. Jumlah
proyek yang di support sudah multiple proyek dengan multiple Project Manager.
Terdapat seorang PMO manager yang dibantu dengan beberapa staff
3. Standard PMO. Organisasi PMO sudah memiliki kapabilitas dan
perangkat Project Management yang cukup untuk membantu dan melakukan tata
kelola proyek. Peranan dan fungsinya dijalankan secara berulang dan konsisten.
Jumlah proyek yang di support sudah multiple proyek dengan multiple Project
Manager. Terdapat satu Vice President dan lebih dari satu PMO Manager, yang
dibantu dengan beberapa staff.
4. Advanced PMO. Organisasi PMO sudah menerapkan kapabilitas
Project Management secara comprehensive dan ter-integrasi untuk mencapai tujuan
bisnis. Peranan dan fungsinya dijalankan secara berulang dan konsisten dan
ter-integrasi dengan ruang lingkup multiple projects dan multiple PM dengan
dibantu tambahan staff sesuai dengan bidang proyeknya dan tenaga administratif.
Terdapat PMO Director/Vice President yang sudah wewenang untuk menentukan
kepentingan/ada tidaknya peluang bisnis di dalam lingkungan project management yang
dibantu oleh beberapa PMO Manager
5. Center of Excellence. Organisasi PMO di dalam
menjalankan peranan dan fungsinya sebagai Center of Excellent yang bertanggung
jawab secara Bank Wide baik lokal maupun regional di dalam menjalankan best
practise Project Management. Peranan dan fungsi PMO dijalankan secara efektif,
efisien dan ter-integrasi. Dalam mengelola proyek, terus menerus melakukan
penyempurnaan proses Project Management, dengan melakukan kolaborasi lintas
departemen untuk mencapai tujuan bisnis yang strategis. Organisasi PMO terdiri
dari Vice President atau Direktur Project Management. Beberapa PMO Manager,
staff teknikal dan administratif.
Referensi
Hill, G.M, 2004, Evolving
the Project Management Office : A Competency Continuum, Information System
Management.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar